Cara Mengatasi Masalah Android Tidak Bisa Hidup, Restart Berulang-Ulang

Cara Mengatasi Masalah Android Tidak Bisa Hidup, Restart Berulang-Ulang

Cara Mengatasi Masalah Android Tidak Bisa Hidup, Restart Berulang-ulang  , Restart berulang-ulang dikenal juga dengan sebuatan bootloop, yaitu dimana kondisi sistem android tidak mampu melaksanakan startup sehingga sebelum masuk ke menu home android otomatis kembali lagi ke state awal menyerupai ketika awal menghidupkan smartphone. Hal ini terus terjadi berulang-ulang tanpa mampu masuk ke menu home dari smartphone.

Masalah android restart berulang-ulang atau bootloop memang membuat pusing tujuh keliling. Rasanya ingin dibanting aja tuh HP android. Eit, jangan dibanting dulu, coba dulu deh diusahakan semoga HP android mampu kembali normal menyerupai seiaka kala. Bisa hidup dan masuk ke mehu home di smartphone.   

Penyebab android mengalami problem restart berulang-ulang atau bootloop mampu karena dua hal. Karena kerusakan pada hardware dan software. Untuk itu semoga mampu mengatasi problem ini scara tepat, harus dilakukan secara cermat. Karena jikalau tidak dilakukan dengan hati-hati atau cermat bisa-bisa membuat smartphone menjadi tambah parah. Sebelum melangkah cara mengatasi bootloop pada smartphone anda ada baiknya kenali dulu jenis bootloop yang terjadi.

Macam-macam Bootloop pada android dan cara mengatasinya


1. Android Light Bootloop 

Light bootloop ini biasanya terjadi karena proses intalasi aplikasi yang berjalan tidak normal. Misal, ketika menginstal aplikasi tiba-tiba smartphone tiba-tiba kehabisan daya dan ketika dihidupkan kembali android mengalami bootloop dan hanya berhenti di logo. Kalau sebelumnya anda yakin tidak mengotak-atik system maka jenis bootloop ini mudah untuk ditanganai. 

Cara Mengatasinya :
Cukup cabut baterai, paaang kembali dan hidupkan kembali smartphone anda.

2. Android Medium Bootloop 

Jenis bootloop ini terjadi karena anda mengotak-atik sistem android sehingga terjai kerusakan pada sistemnya. Ketika smartphone mengalami maslaah ini masih mampu dinyalakan dengan mampu masuk kedalam recovery mode. 

Cara Mengatasinya :
Untuk mengatasi bootloop jenis ini diperlukan dukungan komputer atau laptop dan file recovery image untuk restore boot image baik yang original dan juga CWM. Namun tentu saja hal ini mampu dilakukan apabila sebelumnya anda sudah membuat backup sistem, jikalau beum maka harus dengan dukungan recovery dari android lain yang sama. 

3. Android Hard Bootloop

Jenis Hard bootloop atau lebih tepatnya hardbrick (baca android bricked) jenis bootloop  yan galing parah karena sudah dilakukan modifikasi pada file os android sehingga tidak mampu booting dan hanya muncul logo android saja. Pelakuan pengguna terhadap smartphone menyerupai melakukkan rooting dan melaksanakan modifikasi script misalnya mengubah font android, mengubah partisi external/micro sd, menghapus aplikasi bawaan android yang merupakan episode system dengan aplikasi titanium backup, salah melaksanakan instal custom rom, dan lain-lain merupakan alasannya yakni utama terjadinya hard bootloop. 

Cara Mengatasinya :

Untuk mengatasi problem bootloop jenis ini diperlukan kecermatan tingkat tinggi dan juga  software yang tepat. Instal ulang atau flashing yakni hal yang harus dilakukan. Karena setiap smartphone memiliki jenis hardware yang berbeda-beda, cara flashing juga bergantung berdasarkan jenis chipset yang digunakan pada Android, maka anda harus memilih flashing yang sempurna juga.



Nah itulah, cara mengatasi problem android restart berulang-ulang yang mungkin salah satunya pernah terjadi pada anda. Cara mengatasi problem bootloop yang tepat akan menyelematkan smartphone anda tapi jikalau salah penanganan maka ada kemungkikan smartphone anda justru akan semakin rusak parah.

Share this:

Disqus Comments