Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Kualitas Bagus Dengan Antena UHF

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Kualitas Bagus Dengan Antena UHF

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Kualitas Bagus Dengan Antena UHF | Untuk menerima siaran TV dengan kualitas bunyi dan video bagus, Kominfo merekomendasikan supaya kita beralih ke TV digital. Apa yang dimaksud dengan TV Diital?

Televisi digital atau DTV yakni jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah info menjadi sinyal digital berbentuk bit data menyerupai komputer.

Saat ini menkominfo terus melaksanakan sosialisasi perihal migrasi dari tv analog ke tv digital. Menurut informasi, pada tahun 2018 siaran tv analog akan ditutup di Indonesia. Mengapa siaran TV analog akan ditutup?

Bersadarkan info dari kominfo ternyata sinyal tv analog dikala ini aneka macam memakai frequensi dan menghabiskan bandwidth. Perlu diketahui juga kalo sekarang aja sinyal HP, Radio, Internet ternyata pakai frekwensi juga menyerupai tv. Kaprikornus untuk mengurangi pemborosan bandwidth maka negara harus melaksanakan migrasi dari siaran analog ke siaran digital. Selain dengan alasan teknis tersebut, siaran TV digital juga lebih baik dibanding dengan tv analog. Diantara kelebihan siaran TV digital yakni :
  • Kualitas gambar dan bunyi jernih.
  • Tahan perubahan lingkungan
  • Tahan terhadap efek interferensi
  • Efisiensi spektrum/kanal

Bagaimana cara menerima siaran TV digital?

Untuk menerima siaran tv digital, anda tidak perlu mengganti pesawat televisi ataupun antena UHF anda. Yang perlu anda lakukan hanya menambahkan satu alat untuk bisa menangkat siaran TV digital yaitu Set Top Box (STB). Saat ini, STB yang direkomendasikan yakni STB DVB2. Alat ini menyerupai reciver parabola pada umumnya. Jek antena UHF dipasang ke STB, kemudian dari STB disambungkan ke televisi dengan menggunakan kabel RCA atau HDMI. STB dibandrol dengan harga antara 260.000 - 500.000-an.


Namun sebelum anda memutuskan untuk membeli Set Top Box silakan cari info terlebih dahulu apakah tempat dimana anda tinggal sudah bisa menangkap sinyal siaran tv digital atau belum. Karena, siaran tv digital masih dalam tahap pengembangan jadi belum semua tempat di Indonesia tersentuh sinyal siara tv digital.


Sinyal tv digital juga sangat rentan terhalang gunung tinggi dan gedung-gedung tinggi, jadi harus pintar-pintar memilih tempat untuk memasang antena UHF.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menerima sinyal yang rupawan dalam menggunakan receiper STB. Antara lain :
  • Lokasi yang masih menerima sinyal digital. Kalo digunung dan jauh dari pemancar tv mungkin akan susah menerima sinyal siaran tv digital.
  • Tidak terhalang gedung-gedung tinggi.
  • menggunakan antena UHF yang rupawan dan bisa menangkap sinyal digital dengan baik.
  • menggunakan kabel antena coaxial qualitas bagus.
  • Posisi arah antena yang tepat.
  • Untuk hasil yang lebih rupawan lagi gunakan kabel penghubung HDMI jangan kabel RCA. alasannya kualitas HDMI lebih tinggi dibanding dengan RCA.
Ada sebuah info penting nih, untuk menerima sinyal siaran tv digital dengan baik anda bisa menggunakan antena UHF dengan merk dengan harga berkisar antara 300 ribua hingga 400 ribuan. Antena ini sangat rupawan untuk menangkap sinyal sehingga banyak chanel yang bisa ditangkap. Kalau antena Yagi dirasa terlalu mahal, anda bisa menggunakan antena merk TITIS. Antena UHF yang dibuat oleh tangan-tangan kreatif orang Yogyakarta dihargai antara 75 - 100 ribuan. Meskipun harganya lebih murah dibanding dengan merk Yagi, tapi kemampuannya dalam menangkap sinyal dan menayjikan kualitas gambar dan bunyi yang rupawan tidak diragukan lagi.

Berikut foto-foto siaran tv digital yang didapat dengan menggunakan antena TITIS yang saya ambil dari .


http://fae-zya.blogspot.com/
Daftar list channel 1
http://fae-zya.blogspot.com/
Daftar List Channel 2

http://fae-zya.blogspot.com/
Daftar List Channel 3

http://fae-zya.blogspot.com/
Daftar List Channel 4

http://fae-zya.blogspot.com/
MNC TV Digital
http://fae-zya.blogspot.com/
Global TV Digital
http://fae-zya.blogspot.com/
RCTI Digital
http://fae-zya.blogspot.com/
Indosiar
http://fae-zya.blogspot.com/
SCTV
http://fae-zya.blogspot.com/
TRANSTV

http://fae-zya.blogspot.com/
SPORT ONE

http://fae-zya.blogspot.com/
TRANS 7

http://fae-zya.blogspot.com/
TRANSTV
http://fae-zya.blogspot.com/
TV ONE
http://fae-zya.blogspot.com/
ANTEVE

Nah itulah cara menerima siara tv digital kualitas rupawan dengan antena UHF. Gambar dari hasil siara televisi tersebut diambil dari pemilik blog yang ada didareah Cengkareng. Jadi, untuk tempat lain apalagi di jauh dari pemancar siara televisi balasannya juga akan berbeda bahkan mungkin tidak bisa menangkap sinyal sama sekali. Jadi, sebelum menerapkan semua tips dalam artikel ini, harus pastikan dulu bahwa tempat anda sudah tersentuh oleh sinyal tv digital.

Share this:

Disqus Comments