7 Penyebab HP atau Smartphone Cepat Rusak Yang Haru Anda Tahu

7 Penyebab HP atau Smartphone Cepat Rusak Yang Haru Anda Tahu

7 Penyebab HP atau Smartphone Cepat Rusak Yang Haru Anda Tahu - Tahukah anda apa saja yang menjadi penyebab smartphone anda cepat rusak? Mungkin anda akan menjawab, terjatuh, terkena air, kebanting dan penyebab kerusakan sejenis lainnya. Eit, bukan itu. Kalau penyebab kerusakan smartphone jenis ini pastinya semua orang sudah tahu. Nah sekarang akan saya share penyebab smartphone rusak yang mungkin tidak pernah anda pikirkan sebelumnya.

Peneyebab smartphone cepat rusak ini terbilang sangat sederhana dan sepele, sehingga mungkin anda tidak menyadarinya. Alhasil, anda sering melaksanakan kesalahan ini dan berakibat pada kerusakan smarphone anda. Setelah anda tahu penyebab keruskan smarpthone yang saya share ini, mudah-mudahan anda mampu lebih hati-hati dalam menggunakan, menjaga dan merawat smartphone sehingga mampu lebih abadi atau tahan lan.

Baca Juga : Cara Mengatasi LCD HP Rusak Bergaris

7 Penyebeb Smartphone Cepat Rusak Yang Tidak Anda Sadari

1. Membiarkan Baterai Smarthone Kosong Terlalu Lama
Baterai smartphone terdiri dari sel-sel yang berfungsi menampung arus listrik. Tidak hanya menampung, bahkan sel-sel ini juga akan tetap hidup kalau didalamnya masih ada arus listrik. Jika anda membiarkan baterai smartphone kosong telalu lama, maka sel-sel akan tertidur bahkan kalau sudah terlalu lama akan menimbulkan sel-sel tersebut mati. Akhirnya, baterai tidak akan mampu diisi ulang atau dicharge kembali.

Untuk menghindari terjadinya kerusakan pada baterai smartphone anda, maka jangan biarkan baterai kosong terlalu lama. Bahkan jangan biarkan baterai hingga ngedrop, silakan charge ulang kalau daya baterai sudah mencapai tinggal 20%.

2. Ngecas (nge-charge) hp dengan mencolokkan ke laptop atau komputer
Daya yang diberikan dari koneksi USB laptop dan komputer tidak sebanding dengan kebutuhan asupan daya yang diperlukan oleh baterai smartphone. Hal ini akan menimbulkan baterai cepat rusak. Tidak hanya itu smartphone juga akan cepat rusak, bahkan komputer dan laptop juga akan menjadi rusak. Hal ini alasannya kemungkinan ada virus yang masuk baik dari HP ke laptop ataupun sebaliknya.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Layar Sentuh Smartphone Yang Rusak

3. Ngecas pada charger mobil
Sama dengan ngecah menggunakan komputer atau laptop, daya yang diberikan oleh aki kendaraan beroda empat juga tidak stabil. Hal ini mampu menimbulkan kerusakan baterai bahkan kerusakan smartphone secara total.

4. Ngecas menggunakan power bank abal-abal
Banyak sekali power bank abal-abal dengan harga murah beredar dipasaran. Tapi, kebanyakan dari power bank abal-abal output daya yang tertulis tidak sesuai dengan outp daya sebenarnya. Selain itu output daya juga tidak stabil. Hal ini juga akan mengakiabatkan kerusakan pada smartphone anda baik baterai maupun komponen smartphone lainnya. Silakan baca Tips Memilih Power Bank Berkualitas.

Baca Juga : Cara Membuat, Menghapus dan Keluar Gruo WhatsApp

5. Ngecas dengan charger HP merk lain
Biasanya, untuk memudahkan memenuhi kebutuhan daya, anda akan menggunakan charger milik siapa saja supaya smartphone anda terisi daya baterainya. Tapi tahukah anda, bahawa kebiasaan ini juga mampu menimbulkan smartphone cepat rusak. Maka sebaiknya, anda tetep membawa charger bawaan smartphone kemanapun anda pergi, sehingga saat smartphone ngedrop anda mampu ngecas dengan charger original bawaan smartphone anda.

6. Charger baterai smalam suntuk
Mungkin dalam benak anda, semakin lama ngecas baterai maka semakin banyak daya yang tertampung dan semakin lama bateari akan hidup. Perlu diketahui bahwa baterai smartphone sudah memilii daya tampung tersendiri, kalau sudah terisi 100% maka artinya sudah full dan sebaiknya segera dicabut. Jika anda membiarkan smartphone dicas semalam suntuk maka akan terjadi panas berlebih pada baterai. Hal ini mampu menimbulkan baterasi cepat ngedrop, menggelembung bahkan pada kasus tertentu mampu meledak.

Baca Juga : Cara Memperbaki HP Yang Tidak Bisa Dicas

7. Menyimpan smartphone pada saku celana yang ketat
Bahaya dari menyimpan smartphone pada saku celana yang ketat ialah smartphone menjadi kekurangan sirkulasi udara sehingga menimbulkan overheat (panas berlebih). Selain itu, smartphone juga akan mendapat tekanan bahkan tertekuk sehingga mampu menimbulkan kerusakan secara fisik.

Nah itulah 7 penyebab smartphone cepat rusak yang mungkin tidak anda sadari dan menjadi kebiasaan sehari-hari. Bagaimana setelah tahu ini? Ayo hindari kebiasaan buruk tersebut supaya smartphone anda mampu lebih awet.

Share this:

Disqus Comments